2017/12/17

Penghijauan. Sudahkah sobat lakukan ini?

12/17/2017
Selamat hari Minggu sobat.
Apakah kegiatan kalian di akhir pekan ini? bersantai? Traveling? atau menggeluti hobi baru? silakan lakukan semua hal yang positif, apalagi sebentar lagi masanya liburan panjang Natal.

Nah sobat, saya ada pertanyaan. Apakah sobat sudah melakukan penghijauan? jika sudah bagus sekali. Lewat penghijauan, kita sudah melestarikan kehidupan di masa mendatang!

sumber: Tabloid Xpresi


Banyak komunitas peduli lingkungan diantara lain adalah:
  • Green World
  • Tape Uli (Tangan Peduli Lingkungan)
  • Sobat Bumi Indonesia
  • KOHPI (Koalisi Pemuda Hijau Indonesia)
  • Bike to Work Indonesia
  • Green Lifestyle Indonesia
  • Dan masih banyak lagi..
Mereka membentuk komunitas tak lain dan tak bukan untuk menciptakan kehidupan alam yang lebih baik bagi sekitar. Dengan adanya komunitas, sobat juga bisa mengeksplorasi kegiatan positif dengan teman-teman sehobi.


Kembali ke topik bahasan penghijauan, seperti telah saya sampaikan penghijauan sangat penting bagi lingkungan. Tidak perlu muluk-muluk mengikuti event besar, sobat bisa membuat dan merawat taman atau kebun di rumah sobat. 
Mengapa menjadi penting?
Kita tahu bahwa polusi udara makin merajalela sementara daerah serapan udara dan resapan air semakin menipis. Dengan membuat taman di rumah, itu bisa membantu untuk memproduksi udara sehat bagi keluarga sendiri. 
Setelah melakukan untuk pribadi lalu apa lagi?
Sobat pasti tahu banyak slogan seperti "Sehat Dimulai dari diri kita sendiri". Menurut pengertian saya, jika ada kata dimulai, berarti mengacu pada kegiatan ketok tular ke masyarakat sekitar.

Hal seperti ini juga yang membuat saya ikut ambil dalam penyebaran tersebut. Melalui event penghijauan lokal yang diadakan pada hari Sabtu 16 Desember 2017 kemarin oleh kumpulan Gereja Katholik di kota Madiun dan sekitarnya, saya ikut bergabung dalam acara "Tanam 1000 Pohon untuk Jawa Timur". 
Acara tersebut melibatkan aktivis, warga gereja, tentara, pelajar, pramuka, dan komunitas lainnya dari kota Madiun hingga Saradan. Oh iya sobat, acara ini diadakan di daerah Saradan, Madiun. Sedikit ulasan tentang waduk Widas.
Menurut Wikipedia, Waduk Widas adalah sebuah waduk atau bendungan. Berlokasi di kecamatan Saradan, berjarak 40 km ke arah timur dari kota Madiun.[1] Luas waduk 860 km persegi[Mei 2007], fasilitas wisata yang ada berupa wisata air pemancingan, taman main anak anak, kios, dermaga dan beberapa perahu speed boot namun jumlahnya terbatas, selain itu dapat dikembangkan menjadi olahraga air, dapat dibangun lapangan olahraga tenis, loco trip (kereta) di dalam hutan, tempat penginapan, rumah makan. Pada saat ini Waduk Widas dikelola oleh Jasa Tirta. Sumber: Wikipeda.com
Tidak hanya seperti yang tertulis pada laman Wikipedia,  Waduk widas juga dilengkapi dengan cagar alam berupa hutan jati dan pinus. Nah lokasi tersebut yang kami gunakan untuk aksi damai tanam pohon ini sobat.

Sumber: Aunamaza



Bersama dengan petugas Perhutani yang sudah menyiapkan bibitnya, kami pun memulai menanam pohon tersebut. Sebelum melakukan penanaman, kami semua melakukan perjalanan dari Madiun ke Saradan. 

Sesampai di lokasi, mobil yang kami tunggangi sempat selip dan masuk ke area tanah basah. Karena semalam hujan, jadi tanah sudah basah dan ambles. Ada plus minusnya hujan semalam. Nilai plusnya menanam tidak perlu banyak usaha karena tanah sudah lembek. Minusnya beberapa kendaraan selip di jalanan tanah. WOW serasa acara di TV ya haha!

Mobil yang selip didorong+derek dengan truk tentara.


Susah payah kami mendorong mobil dikarenakan tanah yang kami injak pun ambles sehingga tenaga untuk dorong pun tidak maksimal. Tali juga sempat putus.

Setelah mobil berhasil di derek.

Oke, setelah urusan kendaraan selesai, kami pun mendengarkan ceramah tutorial untuk tata cara penanaman yang dilakukan oleh pihak perhutani. Bagaimana kita menanam yang benar, melepas polibag bibit lalu membenamkan bibit di tanah yang sudah ditandai oleh acir. 
Acir adalah tuas dari bambu untuk penanda tempat penanaman. Membuat acir tidak bisa ngawur sobat. Pihak perhutani mempunyai ukuran jarak untuk masing-masing acir. Karena ini berurusan dengan akar pohon itu sendiri.

Setelah bibit ditanam, dan dikubur dengan tanah plastik polibag tersebut ditaruh di atas acir. Untuk apa tujuannya? hal ini bertujuan untuk memberi tanda bahwa bibit sudah ditanam dalam keadaan baik dan benar.

Jika ada bibit tanpa tanda tersebut, pihak perhutani akan membongkar dan menanam ulang. Mubasir kan? maka dari itu, kami harus melakukan yang tersebut dengan benar. Berikut dokumentasinya.

Peserta berjalan diantara tanaman jagung, mencari lokasi acir.


Beberapa peserta sudah melakukan penanaman bibit.

Tak takut becek dan kotor, siswi SMK pun ikut bagian.


Nah kalo ini sih, Bang Angga.


Gagah dan berani menghijaukan bumi.


Saya minum ambil dua.

Sobat, saya tidak mengabadikan semua moment dengan kamera dikarenakan, tanah liat yang menempel di tangan, dan juga saya sibuk asik bercocok tanam sih.

Oh iya sobat, di dekat sini pun juga sedang ada pembangunan besar yang dilakukan pemerintah di era Bapak Presiden Jokowi. Pembangunan jalan tol penghubung. Saya pun sempat mengintip proses pembangunannya.

Proses pembangunan jalan tol.

Saya pribadi suka dengan karya Bapak Presiden yang sekarang ini. Membuat infrastruktur di mana-mana untuk kelayakan hidup rakyat. Tapi tolong dong pejabatnya jangan korupsi terus. Sudah terbukti pun masih saja tak mau ngaku.
*tak tak des!!
Tak lupa saya pun mencoba mejeng swafoto hehe.

Baik sobat, ini semua adalah pengalaman berhargaku yang saya sudah bagikan kepada kalian. Akhir kata, sudahkah sobat lakukan ini? mulailah dari dalam rumah sendiri lalu ke masyarakat!

Salam Bohay..

2017/12/11

Hidup itu menyenangkan!

12/11/2017
“May the sun always shine on your windowpane; May a rainbow be certain to follow each rain; May the hand of a friend always be near you; May God fill your heart with gladness to cheer you”. ~Irish Blessing.
Ketika bangun dari tidur, tentunya kita selalu berharap hari ini adalah hari terbaik yang akan kita miliki. Hidup yang kita jalani kan hari ini atau sekarang. Hari kemarin itu sudah berlalu dan hari esok pun kita tidak pernah mengetahui dan belum mengalami.
Untuk itulah, kita semua berharap dan berdoa agar bisa menjalani hari ini dengan banyak hal yang bisa membawa kita kepada hal-hal baik, bermanfaat, dan dipenuhi oleh kebahagiaan dan keceriaan.
Lalu bagaimanakah sikap kita dalam menjalani hidup ini?

saya mempunyai beberapa tips buat teman-teman sekalian agar bisa menjalani kegiatan keseharian dengan semaksimal mungkin. Beberapa tips tersebut telah terbukti ampuh untuk saya sehingga mengoptimalkan waktu yang tuhan berikan kepada saya setiap hari. Ini dia tipsnya: 
Pertama
“sebelum tidur pada malam hari, evaluasilah diri anda terlebih dahulu untuk hari yang kemarin. Renungkan, ambil hikmahnya, dan cari solusi untuk memperbaikinya di hari berikut”
Hal ini sangat penting, karena dengan evaluasi diri kita bisa mempelajari apa yang telah kita lakukan pada hari kemarin. Lihatlah dari sisi positif dan negatifnya, dari sisi baik ataupun buruk, dari sisi kemanfaatan dan kesia-siaan. Dengan evaluasi diri inilah bisa menjadi kekuatan dasar bagi diri kita untuk terus menerapkan ilmu “memperbaiki diri untuk hari esok”.
Kedua
“mulailah membuat daftar kegiatan pada malam hari sebelum anda tidur,  yang akan anda lakukan esok harinya”.
Daftar kegiatan yang anda buat akan menjadi panduan. Hal ini dilakukan agar anda bisa mengkawal waktu anda dengan baik dan menghindari membuang waktu secara cuma-cuma tanpa harus bingung ‘mau ngapain yaa hari ini?’.
Saran saya, buatlah daftar kegiatan dengan porsi-posri yang tepat. Kalau saya membaginya menjadi 3 hal.
Porsi pertama berisi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan diri (bisa dengan membaca buku pengembangan diri, belajar keahlian-keahlian tambahan, belajar sabar dan menjaga lisan, belajar agama, dsb).
Porsi kedua adalah berisi kegiatan-kegiatan yang bersifat rutinitas penting (bekerja, berolahraga, membantu orang tua, menulis blog, dsb).
Porsi ketiga adalah berisi kegiatan-kegiatan yang harus kita lakukan untuk bisa meraih segala hal yang kita cita-citakan dan impian didalam hidup. Hal ini sangat penting, contohnya saja: apabila kita mempunyai impian untuk  menuliskan dan menerbitkan buku best seller, maka harus ada kegiatan yang membuat kita harus menulis dengan target-target tertentu.
Ketiga
“bersyukurlah dan nikmati hari ini dengan sebaik-baiknya. Berfikir dan bersikaplah sebaik-baiknya dalam menjalani hidup ini. Jadikan hari ini adalah hari yang paling terbaik yang pernah teman-teman miliki. Lalu berbuat baiklah dan memberi manfaat untuk diri anda, dan orang-orang disekeliling teman-teman”.
Ketika kita merasakan bahwa hari ini adalah hari yang paling terbaik, tidak ada alasan lagi untuk bersikap sedih dan malas. Ceriakan hidup teman-teman, berbuatlah sesuatu yang menyenangkan teman-teman. Kerjakan hal-hal positif yang akan membantu mengembangkan potensi diri dan semangat teman-teman semuanya.
Jadi, itulah tips yang saya miliki. Berfikir dan bersikap positiflah dalam segala hal untuk hari ini dan esok harinya. Hidup itu membahagiakan, hanya saja persepsi kita yang akan menentukan seberapa bahagiakah kita sendiri.

2017/10/26

Salut! Anak ini mencintai Merah Putih!

10/26/2017
Selamat sore sobat, pasti sobat tahu banget tentang cinta tanah air. Cinta tanah air adalah suatu hal yang wajib dan diperlukan oleh setiap warga negara manapun. 

Di Indonesia ini, rasa cinta tanah air sudah disuntikkan pada setiap warna negaranya saat pendidikan dini. Mengapa demikian? karena dengan ini, "seharusnya" dapat menangkal perpecahan dalam masyarakat.

Dengan rasa cinta tanah air, maka semua gesekan yang tidak perlu dapat ditanggulangi. Gesekan tersebut adalah isu-isu yang berusaha memecah belah NKRI.



Sobat semua pasti tahu apa yang saya maksud dengan isu tersebut, tidak perlu dijelaskan bukan? hehe.

Sobat, saya memiliki murid yang sangat mencintai NKRI. Murid tersebut berasal dari Flores, NTT. Anak tersebut bernama Sebastian Mangka Teme yang akrab dipanggil Tian.

Tian dan teman-temannya dari Flores datang ke Jawa Timur rombongan diasuh oleh para Bruder. Oh iya, Bruder adalah sebutan untuk biarawan laki-laki Katholik.

Saat pertama kali saya bertemu Tian, rasa takjub ini ada ketika saya tahu betapa susahnya kehidupan yang ada di Flores. Dia harus makan apa saja untuk hidup. Ya, APA SAJA!

Ngeri ya sobat, masih ingat ketika dia dan rombongan diajak oleh para bruder rekreasi ke Candi Prambanan.

"Bruder, ini batu semua?"
Ya. Ini semua batu, lihat saja, pukul saja kalau mau buktikan.
*wuah besar sekali!

GILE NDRO! polos banget ya.

Sobat, ini poin terpenting mengapa artikel ini saya tulis. Kecintaan anak-anak Flores ini dengan NKRI adalah garuda Pancasila, Indonesia Raya dan Bendera Merah Putih.

Dia pertama kali pembentukan struktur kelas menangis sampai terisak-isak. Kenapa sobat?



Karena berbadan kecil sebab kurangnya asupan gizi, dia tidak terpilih menjadi seksi koordinator upacara.

"Pak, saya ingin jadi kompi!"
"ya Tian, nanti ya cadangan saja."
"Saya pengen jadi petugas upacara pak! saya suka Bendera Merah putih!"

Dalam hatiku, astaga.
Sobat, saya baru sekali ini menghadapi tekat cinta NKRI seperti dia! bahkan mungkin saya sendiri belum pernah mencintai NKRI sepertinya.

Saya malu, takjub, salut jadi satu dalam air mata. Sobat, jujur kecnitaan saya dengan negara ini tidak terlalu besar. Sebagian besar masyarakat juga tidak mempunyai rasa cinta yang seperti ini.

Hanya karena subsidi BBM ataupun listrik dikurangi, sudah teriak anti pemerintah, rezim pemeras dan sebagainya.

Saya termasuk yang sangat PRO dengan kabar penyatuan harga BBM di Papua setara dengan di Jawa. Sudah terealisasi apa belum sobat? saya belum tahu kelanjutannya.

Intinya banyak prestasi yang sudah diraih oleh Bpk. Presiden Jokowi.

Mengapa kita tidak mencintai NKRI dengan lebih?
Cintailah NKRI, dan saya akan belajar lebih mencintai negara ini!

2017/10/17

Bergabunglah dengan komunitas

10/17/2017
Hai sobat bloger, bagaimana kabarnya?

Sudahkah kalian menulis hari ini? jika sudak bagaimana kalian tetap mempertahankan passion untuk tetap menulis di blog?

Kali ini saya akan membahas tentang pentingnya bergabung dengan komunitas. Komunitas apa? komunitas apapun!

Apapun yang dapat mendukung dan memberi pengetahuan lebih dalam hobi dan kesibukanmu adalah komunitas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata komunitas memiliki arti sebagai berikut:

komunitas/ko·mu·ni·tas/ n kelompok organisme (orang dan sebagainya) yang hidup dan saling berinteraksi di dalam daerah tertentu; masyarakat; paguyuban;

Ya, seperti itu. Dengan kata lain kumpulan orang-orang yang mempunyai aktivitas sejenis denganmu adalah komunitas atau paguyuban. 



Lalu bagaimana dengan bloger? adakah komunitas untuk bloger?
NAH ITU DIA, yang saya maksud!

Banyak sekali komunitas bloger dan sejenisnya di Indonesia, bahkan daerahmu. seperti di daerah saya kota Madiun memiliki komunitas bloger bernama BERM (plesetan dari kata BREM) yang berarti nama makanan khas dari kota Madiun.

Sobat bisa bergabung dengan komunitas yang terkenal seperti:
  • Bloger Perempuan
  • Kumpulan Emak Bloger
  • Warung Bloger
  • Indomoto
  • Indonesian Beauty Blogger
  • Indonesian Travel Blogger
Seru sekali ketika kita tergabung dan saling mengakui keberadaan di dalam komunitas ini. Mengasyikkan bukan?




Bergabung dengan komunitas memiliki banyak keuntungan, selain kita bisa cas cus cang cing cong di dalam grup sampai bertemu secara langsung dalam agenda acara yang dibuatnya.

Keuntungan bergabung dengan komunitas:
  • menaikkan traffic blog kita
  • SARANG INSPIRASI
  • lebih dikenal teman sejawat bloger
  • problem and solving seputar blogging
  • jual beli barang di sana atau jual beli blog
  • cari jodoh (ini jauh dari perkiraan saya lho) 

menarik bukan? akan tetapi komunitas juga memiliki ketidakuntungan. Mengapa saya katakan ketidakuntungan bukan kerugian? 
karena tidak ada ruginya bergabung dengan komunitas hehe.

ketidakuntungan bergabung ke komunitas:
  • terlalu ramai
  • menghabiskan kuota (ini berlaku jika kita juga sering nongkrong di sana lho)
  • tidak dikenal jika tidak super
  • diabaikan 
  • terlalu banyak out of topic
  • gosip (nah ini nih)
Ada pula kan ketidakuntungannya? bukan berarti hal tersebut membuat kita rugi lho ya, kita yang harus bersabar dan terus berusaha sampai kita menjadi bloger yang ideal.

Jadi apa sebaiknya kita gabung atau tidak?

Silakan mencari dan bergabunglah untuk menjadi bloger yang lebih baik, daripada sobat seorang single fighter akan menemukan titik jenuh.

Titik jenuh tersebut yang hanya akan hilang ketika kita tergabung dalam komunitas, banyak yang membantu menyelesaikan, memberi semangat untuk terus menulis!

Kita juga bisa menengok blog garapan teman-teman sekomunitas kita untuk mendapatkan inspirasi bahkan keirian.
Mengapa saya katakan iri? bukan dengki lho, ini iri yang bersifat membangun. Saya selalu iri dengan blog teman-teman yang baik dalam segi tampilan maupun artikel.

Bagaimana bisa mereka melakukan itu?
Apakah aku bisa melakukan itu juga?

Timbullah rasa persaingan yang sehat dalam diri saya, untuk memperbaiki blog dengan lebih ideal.

Jadi sobat, masihkah berpikir untuk tidak tergabung dalam komunitas?
THINK AGAIN!

2017/10/10

Pengiriman horor dari JNE

10/10/2017
Selamat sore sobat. 

Berbelanja daring (Online) memang menyenangkan. Menyenangkan dikarenakan sobat bisa mendapat harga yang relatif lebih murah. Banyak situs penyedia belanja secara daring ini. Situs tersebut diantaranya adalah Bukalapak, Tokopedia, Shopee, OLX, Macht Watch, dsb.


Tetapi berbelanja daring sering kali mendapatkan masalah seperti jasa ekspedisi yang melakukan kesalahan pengiriman sampai barang hilang ditengah pengiriman.

WOW!
Pernahkah sobat mengalami seperti itu?

Saya baru-baru ini membeli Laptop merk HP dari situs Bukalapak. Barang yang ditawarkan cocok dengan kebutuhan saya yakni mengetik bekerja untuk waktu yang lama. 

Kami pun memilih pengiriman via JNE. Setelah tagihan terbayarkan, penjual mulai melakukan pengiriman barang ke saya.


Barang dikirim dari kota Depok menuju ke Madiun. Seharusnya, alur pengiriman adalah dari Depok -> Jakarta -> Solo -> Madiun.

Tahukah sobat, kalau paket saya ini termasuk dalam kriteria yang bermasalah. Masalahnya adalah ketika barang sudah sampai di kota Solo, lalu dikembalikan lagi ke Depok!



Nah, saya lihat tracking statusnya pukul 4.00 pagi hari sobat. Langsung lompat dari tempat tidur sambil tertawa keras!

GILA JNE!

Langsung cari informasi JNE di kota Madiun pusat buka jam berapa. Ternyata pukul 6.00 pagi sudah dimulai buka sobat (totalitas sekali ini kantor)

Sesampai di kantor, saya langsung ke bagian penerima barang yang sudah dandan cantik-cantik (ahir)

Mbak: Selamat pagi mas, ada yang bisa dibantu sepagi ini?
Saya: Selamat pagi juga mbak, saya mengalami masalah dengan paket ini nomor resinya, kenapa dikembalikan ke Depok lagi ya mbak?
Mbak: Oh iya benar menurut data (blablabla) memang dikembalikan ke Depok mas, nanti saya tanyakan via email mengenai masalah ini.
Saya: Oke terima kasih mbak

Saya pun lanjut berangkat kerja sobat dengan menunggu konfirmasi dari pihak JNE. 

Sampai di kantor sampai pukul 10 kok belum ada kabar ya? saya merasa di PHP sama mbak tadi (saya lihat namanya Erna haha!)

Langsung saya telpon ke JNE pusat dari menu My JNE. Pembicaraan kami sangat menenangkan karena mungkin mbak telpon ini lebih lihat dalam mempermainkan perasaan lelaki kostumer.

Inti dari proses itu adalah salah input status. Barang kiriman saya masih ada di Solo tetapi salah penginputan data kembali ke Depok, dan yang paling menenangkan adalah mbaknya memberi janji dan jaminan kalau barang akan sampai hari ini juga sobat.

Benar, barang sampai depan rumah saya sore sekitar pukul 3.00.






JNE memang melayani, seperti slogannya!

Kira-kira adakah sobat di sini yang mengalami hal serupa bersama JNE?
saya sarankan jangan langsung mengecam, apalagi menulis hal yang buruk tentang mereka.

JNE berusaha melakukan yang terbaik untuk kita.

salam.

2017/09/28

Kini bisa membeli Indomie persis seperti bungkusnya

9/28/2017
Nah sobat, musim penghujan seperti ini memang cocoknya kita teringat mie instan daripada mantan. Angkat tangan buat sobat-sobat yang SWAG (single woles anti galau) kok jadi begitu kepanjangannya? HAHA!



Udara dingin saat musim hujan seperti ini memang membuat perut mudah terasa lapar. Biasanya hidangan berkuah panas menjadi pelarian saat hujan mengguyur di luar rumah.

Sobat tahu gak, ternyata ada warung yang menyediakan serangkaian masakan Indomie loh
AH BASI! Di Burjo (sebutan warung bubur kacang ijo) dekat rumah juga pasti ada. 
Serius ini beda! mau tahu? yuk disimak!

Jika sobat suka traveling seperti beberapa teman narablog saya, sobat pasti sering ke kota Jogjakarta. Ya, kota dengan seribu keunikan tersebut selalu membuatnya berbeda! 

Jika sobat sedang berada di sana, sempatkan mampir di warung Telap12 Jogjakarta. Warung ini bertempat di Jl. Pandeyan Nomor 10B, Yogyakarta. 

Warung ini spesial karena mereka menyuguhkan masakan Indomie persis seperti bungkusnya. Mie dan bumbu tetap asli dari Indomie, mereka hanya menambahkan ornamen hiasan seperti di gambar bungkus.



Warung ini memiliki tema Krusty Krab yang terinspirasi dari restoran cepat saji bawah laut dalam serial SpongeBob SquarePants. Furnitur seperti meja, kursi, hingga gerobak untuk memasak didesain sendiri untuk mendukung tema tersebut.

Mi yang paling sering dipesan oleh pengunjung adalah Indomie Goreng Original dan Indomie Rasa Kari Ayam. Mi pesanan dimasak seperti biasa oleh juru masak, namun yang menarik adalah saat penataan di piring saji yang sangat detail.

Oh iya, mengenai harga masakan mereka termasuk murah lho, paling mahal 12.000 saja. Cocok untuk kocek sobat turing, ngedate (kalo sama2 suka sih) dan kumpul bersama.



Itu saja info kuliner dari Damplik, semoga sobat tergugah untuk mencobanya. Pesan saya jangan terlalu sering makan mie instan apapun alasanmu tak baik bagi tubuh sobat.

Akhir kata, selamat makan.