Recent Comments

Hidup itu menyenangkan!

“May the sun always shine on your windowpane; May a rainbow be certain to follow each rain; May the hand of a friend always be near you; May God fill your heart with gladness to cheer you”. ~Irish Blessing.
Ketika bangun dari tidur, tentunya kita selalu berharap hari ini adalah hari terbaik yang akan kita miliki. Hidup yang kita jalani kan hari ini atau sekarang. Hari kemarin itu sudah berlalu dan hari esok pun kita tidak pernah mengetahui dan belum mengalami.
Untuk itulah, kita semua berharap dan berdoa agar bisa menjalani hari ini dengan banyak hal yang bisa membawa kita kepada hal-hal baik, bermanfaat, dan dipenuhi oleh kebahagiaan dan keceriaan.
Lalu bagaimanakah sikap kita dalam menjalani hidup ini?

saya mempunyai beberapa tips buat teman-teman sekalian agar bisa menjalani kegiatan keseharian dengan semaksimal mungkin. Beberapa tips tersebut telah terbukti ampuh untuk saya sehingga mengoptimalkan waktu yang tuhan berikan kepada saya setiap hari. Ini dia tipsnya: 
Pertama
“sebelum tidur pada malam hari, evaluasilah diri anda terlebih dahulu untuk hari yang kemarin. Renungkan, ambil hikmahnya, dan cari solusi untuk memperbaikinya di hari berikut”
Hal ini sangat penting, karena dengan evaluasi diri kita bisa mempelajari apa yang telah kita lakukan pada hari kemarin. Lihatlah dari sisi positif dan negatifnya, dari sisi baik ataupun buruk, dari sisi kemanfaatan dan kesia-siaan. Dengan evaluasi diri inilah bisa menjadi kekuatan dasar bagi diri kita untuk terus menerapkan ilmu “memperbaiki diri untuk hari esok”.
Kedua
“mulailah membuat daftar kegiatan pada malam hari sebelum anda tidur,  yang akan anda lakukan esok harinya”.
Daftar kegiatan yang anda buat akan menjadi panduan. Hal ini dilakukan agar anda bisa mengkawal waktu anda dengan baik dan menghindari membuang waktu secara cuma-cuma tanpa harus bingung ‘mau ngapain yaa hari ini?’.
Saran saya, buatlah daftar kegiatan dengan porsi-posri yang tepat. Kalau saya membaginya menjadi 3 hal.
Porsi pertama berisi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan diri (bisa dengan membaca buku pengembangan diri, belajar keahlian-keahlian tambahan, belajar sabar dan menjaga lisan, belajar agama, dsb).
Porsi kedua adalah berisi kegiatan-kegiatan yang bersifat rutinitas penting (bekerja, berolahraga, membantu orang tua, menulis blog, dsb).
Porsi ketiga adalah berisi kegiatan-kegiatan yang harus kita lakukan untuk bisa meraih segala hal yang kita cita-citakan dan impian didalam hidup. Hal ini sangat penting, contohnya saja: apabila kita mempunyai impian untuk  menuliskan dan menerbitkan buku best seller, maka harus ada kegiatan yang membuat kita harus menulis dengan target-target tertentu.
Ketiga
“bersyukurlah dan nikmati hari ini dengan sebaik-baiknya. Berfikir dan bersikaplah sebaik-baiknya dalam menjalani hidup ini. Jadikan hari ini adalah hari yang paling terbaik yang pernah teman-teman miliki. Lalu berbuat baiklah dan memberi manfaat untuk diri anda, dan orang-orang disekeliling teman-teman”.
Ketika kita merasakan bahwa hari ini adalah hari yang paling terbaik, tidak ada alasan lagi untuk bersikap sedih dan malas. Ceriakan hidup teman-teman, berbuatlah sesuatu yang menyenangkan teman-teman. Kerjakan hal-hal positif yang akan membantu mengembangkan potensi diri dan semangat teman-teman semuanya.
Jadi, itulah tips yang saya miliki. Berfikir dan bersikap positiflah dalam segala hal untuk hari ini dan esok harinya. Hidup itu membahagiakan, hanya saja persepsi kita yang akan menentukan seberapa bahagiakah kita sendiri.

18 comments

  1. Hmm tips yang menarik.. saya akan coba. saya ada satu lagi yang biasa saya praktekkan.. agar tidur nyenyak. MEMAAFKAN semua yang terjadi hari ini. Kadang sulit, tapi besok kalau sudah memaafkan sebelum memejamkan mata kadang kita jadi lebih ceria.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih tips memang lagi butuh bacaan yang menenangkan hidup lagi terasa berat dan tak bersahabat

    ReplyDelete
  3. Oooh untuk evaluasi diri bisa dengan nulis diary ya. Aku nulis sih, tapi nggak setiap hari ��

    Eh makasih ilmunya bang
    Aku gak kepikiran buat bikin 3 porsi itu. Kalo selama ini sih memang bikin jadwal yg harus dikerjain, tapi gak kubagi 3 porsi. Padahal kalo nerapin, bisa lebih fokus dan terarah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lebih fokus ke pengembangan diri

      Delete
  4. MashaAllah...Tabarakallahu.
    Iya niih...saya sedang membiasakan habits yang baik dalam menjalani hari-hari ini.
    Dan termasuk wishlist juga niih...menulis jurnal bersyukur dan evaluasi harian menjelang tidur.

    Seringnya,
    Pas malam langsung lelap aja.

    ReplyDelete
  5. Nice share, Bang..
    Setuju, terlebih dengan banyak bersyukur, hidup akan lebih menyenangkan..
    Btw, salam kenal ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas Andi.
      Salam kenal kembali

      Delete
  6. Dulu rajin tuh menulis jurnal seperti sarannya, tapi semenjak ada bocah semakin kesini rada sulit lama-lama jadi malas deh 😅

    ReplyDelete
  7. secara teori, hal-hal yang kamu sebutkan itu tampak mudah tapi pada praktiknya susah sekali, terutama untuk poin menuliskan kembali dan merenungkan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal dipraktikkan, saya menuliskan begini karena mempraktikkan

      Delete
  8. Inshaallah ketig hal tersebut sudah saya coba terapkan. Meski saya agak keteteran dengan pembagian 3 hal yang harus dilakukan setiap hari yaitu tentang pengembangan diri, kewajiban (misal bekerja di kantor), dan kegiatan untuk mewujudkan impian. Waktu 24 jam rasanya tidak cukup untuk melakukan ketiganya. Belum lagi waktu bersama keluarga dan teman yang kadang membuyarkan konsentrasi terhadap ketiganya. Semoga kita semakin bisa memanajemen waktu dan membuat hidup lebih menyenangkan dengan berpikir positif.

    ReplyDelete
  9. Aku dulu pernah nulis evaluasi gitu, pas masih kerja di suatu CV. Krn lelah, aku jd lbh santai, gak ikutin jadwal itu lagi. Bersyukur pasti, merenung pas mau tidur kadang2 sih. Enaknya renungan pas msh sadar dan pikiran jernih

    ReplyDelete
  10. Makasih banyak Kak Angga, hehehe..bener bnget sih suka kelewat kalau mau evaluasi sebelum tidur,suka capek dan ketiduran, tipsnya reminder nih

    ReplyDelete
  11. Bersyukur nih...penting banget, biar saat tidur malam..gak ada lagi pikiran yang mengganggu karena tidak ikhlas tentang sesuatu..

    Ambil hikmahnya..

    ReplyDelete
  12. Tips pengembangan diri yang kurasa menarik nih! Memang sih, dalam suasana apapun, kita perlu membutuhkan diary stau buku harian. Ya, bukan hanya sebagai tempat untuk mencurahkan perasaan alias baper. Namun, juga bisa dijadikan tempat untuk refleksi dan merencanakan masa yang akan datang. Sayang sih, udah lama aku ga pake approach itu. Mungkin, itu juga yang membuatku susah untuk bahagia. Masya Allah.

    ReplyDelete
  13. Duuh..ritual sebelum tidur yang sering saya lewatkan. Jarang sekali mengevaluasi diri, apalagi membuat jadwal untuk besok hari. Eh, paling buat rencana mau ada kegiatan apa aja untuk besok, tapi gak detail dan gak di catat.
    Padahal kalau 3 point itu diterapkan, hidup kita bisa lebih menyenangkan ya...

    ReplyDelete
  14. evaluasi diri tuh penting banget ya. Kadang, kita gak nyadar bahwa hari ini baik atau nggak ya ditentukan sama diri kita sendiri. Cuma ya gitu, kadang kita merasa, kalo hari ini tuh nyebelin, banyak tugas, teman yang nggak asik dan sebagainya. Prioritas waktu dan tujuan penting banget sih. Daftar kegiatan atau to do list, emang penting banget sih

    ReplyDelete
  15. Banyak yankak kerjaan sebelum tidur. Tapi bagis sih kalau kepengen hidup teratur dan ngga ada yang miss pekerjaannya . Dulu juga sempet pernah nyoba tapi udah keburu capek lalu langsung tidur

    ReplyDelete

My Instagram